HeadlineNews

Berkat Palapa Ring, Internet di Papua Kian Berkecepatan Tinggi

0

Jokoway ― Proyek Palapa Ring diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/9). Dengan diresmikannya proyek yang kerap disebut sebagai Tol Langit ini, sebanyak 514 kabupaten/kota di Indonesia mampu terkoneksi dengan Internet berkecepatan tinggi.

Melalui proyek ini pula masyarakat di daerah-daerah terpencil seperti Papua, Maluku, NTT, juga Kabupaten Rote Ndao yang masuk dalam Palapa Ring Timur, tak lagi kesulitan mengakses informasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mejelaskan, pengerjaan Palapa Ring Timur memang menemui sejumlah kendala. Misalnya, ketika membangun konstruksi di Papua ditemukan berbagai hambatan dan tantangan karena kondisi geografis yang tidak menentu. Alhasil, pembangunan di daerah pegunungan Papua baru bisa diselesaikan Agustus 2019 silam.

“Di Papua kami membangun di 30 kabupaten/kota baru yang tidak ada jaringan tulang punggung atau backbone Internet berkecepatan tinggi,” terang Rudiantara saat menyampaikan laporan pada peresmian pengoperasian Palapa Ring.

Kepada Presiden Jokowi, Rudiantara juga menerangkan, pengerjaan Palapa Ring Barat sebetulnya sudah selesai tahun lalu, sedangkan Palapa Ring Tengah yang tersambung hingga di Provinsi Maluku sudah selesai pada awal tahun 2019.

Nah, pada Palapa Ring Timur, khususnya yang mencakup Papua, Maluku, NTT sampai ke Kabupaten Rote Ndao, rencananya akan selesai pada akhir kuartal kedua 2018, namun karena di Papua kondisi geografisnya tidak memungkinkan, sehingga baru tuntas pada Agustus 2019.

Manfaat Palapa Ring, tambah Menkominfo, akan semakin dirasakan oleh masyarakat di daerah-daerah pelosok Tanah Air.

Hal tersebut, membuktikan jika komitmen pemerintahan Presiden Jokowi dalam lima tahun terakhir ini tidak membangun secara Jawa Sentris, tetapi Indonesia Sentris. (SAM)

Pekan Kebudayaan Nasional: Merayakan Warna-Warni Keberagaman Indonesia

Previous article

Konektivitas Digital Indonesia yang Diwujudkan di Era Jokowi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline