Headline

Biar Setrum Madrasah Tak Lagi Nebeng Tetangga

0

Jokoway — Komitmen Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam mendukung kemajuan pendidikan, salah satunya, diwujudkan dengan memberikan sambungan listrik gratis kepada sekolah.

Langkah tersebut, misalnya, dilakukan PLN—yang bersinergi bersama Yayasan Baitul Mal—dengan memberikan bantuan sambungan listrik gratis kepada 33 madrasah yang tersebar di Jawa Barat dan tiga madrasah di Jawa Tengah.

Khusus di Jawa Barat, secara simbolis penyalaan dilakukan langsung oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Agung Nugraha, di Madrasah Tahfidz Quran, Majalaya, Jumat (10/7).

“Setelah medapatkan data dari Kementerian Agama, kami bergerak cepat melakukan sampling survei ke madrasah yang ada di Jawa Barat dan kemudian kami lakukan penyambungan listrik,” tutur Agung.

Data Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) menunjukkan, belasan ribu madrasah belum teraliri listrik dan belum memiliki akses Internet. Daerah dengan madrasah tak berlistrik salah satunya adalah di wilayah Jawa Barat sebanyak 2.522 madrasah.

Dari hasil sampling yang dilakukan terhadap 146 madrasah yang terdapat dalam data tersebut, sebanyak 113 madrasah sudah berlistrik dan hanya 33 madrasah yang belum berlistrik. Hal ini karena bangunan madrasah masih baru atau tidak memiliki meter sendiri sehingga menumpang ke listrik tetangga (levering).

“Setelah mengetahui data madrasah belum berlistrik ini, kami melalui Yayasan Baitul Mal PLN yang merupakan badan yang menerima zakat, infak, sodakoh dari pendapatan karyawan PLN, berinisiatif memberikan bantuan penyambungan listrik ke madrasah. Semoga langkah ini dapat membantu keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di madrasah-madrasah,” tambah Agung.

Terkait program bantuan tersebut, Kepala Sekolah Madrasah Tahfidz Qur’an, Ustaz Ahmad Saiful Rohman sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh PLN bersama YBM PLN.

“Kami sangat senang mendapatkan bantuan listrik ini. Semoga PLN semakin sukses,” ucap Ahmad, yang madrasahnya berlokasi di Kampung Sukamanah, Desa Bojongkunci, Kabupaten Bandung ini.

Khusus di Jawa Tengah, bantuan sambungan listrik sinergi PLN dengan YBM PLN dilakukan di Tulung, Purbalingga dan Banyumas.

Pengurus Yayasan Madrasah Ibtidaiyah Sudimoro yang mendapatkan bantuan penyambungan listrik, Sri Wardaya, juga menyampaikan terima kasih atas bantuan sambungan listrik gratis tersebut.

“Terima kasih atas bantuannya. Dengan adanya bantuan listrik dari PLN ini bisa semakin menambah kelancaran pendidikan,” ujarnya. (SLA)

Telkom Buka Blokir Netflix

Previous article

Mengapa Ada Komisaris BUMN dari Pejabat Pemerintah?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline