Headline

Cara Indonesia Keluar dari Negara Berpendapatan Menengah

0

Jokoway ― Bank Dunia melansir data pendapatan nasional bruto (gross national income) per kapita Indonesia naik dari posisi sebelumnya USD 3.840 menjadi USD 4.050.

Berdasarkan catatan tersebut, Indonesia kini pun dikategorikan sebagai negara berpenghasilan menengah atas, dari sebelumnya negara berpenghasilan menengah bawah.

Berbicara dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu, Presiden Joko Widodo mengungkapkan, pencapaian tersebut bukanlah hal gampang.

Dia bilang, banyak negara dunia ketiga yang menghabiskan puluhan tahun, bahkan hampir satu abad terjebak dalam status negara berpendapatan menengah atau middle income trap.

Meski naik status, Indonesia masih berada di level negara berpendapatan menengah. Jokowi pun mengingatkan Indonesia masih memiliki peluang besar untuk kembali naik status menjadi negara berpendapatan tinggi.

“Apakah kita mempunyai peluang untuk keluar dari middle income trap? Ya, kita punya potensi dan peluang besar untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi, tentu dengan sejumlah prasyarat,” kata Jokowi.

Sejumlah syarat itu, di antaranya infrastruktur yang efisien yang mulai dibangun oleh pemerintah, dan cara kerja cepat yang kompetitif dan berorientasi pada hasil.

Untuk itu, lanjut Jokowi, perlu diupayakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul, produktif, inovatif, dan kompetitif. (PUT)

Transisi Normal Baru Gerakkan Ekonomi Indonesia

Previous article

Biar Tak Ada Aksi Suap di Pupuk Indonesia Group

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline