HeadlineNews

Indonesia Rumah Besar Kita Semua

0

(Pidato Sidang Tahunan Presiden Jokowi di depan DPR dan MPR)

Hari ini, 16 Agustus 2019 Presiden Jokowi berbicara pada kita semua, rakyat Indonesia sebagai pemegang tertinggi kedaulatan di negara ini. Sebagai agenda rutin setiap tahunnya, Presiden Jokowi membacakan dan melaporkan Pidato Sidang Tahunan, Pidato Kenegaraan, dan Pidato Nota Keuangan.

Membuka sidang tahunan, Jokowi mengingatkan bahwa saat ini kita berada di era di mana dunia berubah dengan sangat cepat. Tapi kita tidak boleh kehilangan bintang penjuru. Harus terbuka, namun tidak boleh hilang persatuan dan persaudaraan.

Sebagai pembuka pada Sidang Tahunan, Presiden Jokowi melaporkan dan mengapresiasi kinerja seluruh lembaga-lembaga negara. Dalam setahun terkahir telah banyak prestasi dan lompatan-lompatan kemajuan yang telah dilakukan berbagai lembaga negara yang bersinergi bersama Presiden Jokowi.

DPR, DPD, MA, MK, KY, BPK sebagai lembaga-lembaga negara telah melakukan fungsinya dengan baik. Fungsi legislasi, pengawasan, check and balances, anggaran, dan fungsi-fungsi lembaga negara telah dijalankan dengan baik selama setahun ini.

Presiden selalu mengingatkan bahwa tata kelola pemerintahan yang baik mutlak dibutuhkan, tata kelola keuangan negara yang akuntabel, harus diwujudkan, tata kelola yang transparan, harus dikembangkan. Tata kelola yang efektif dan efisien, yang gesit, lincah, dan cekatan menghadapi perubahan juga harus terus diupayakan.

Lembaga-lembaga negara harus meninggalkan ego sektoral yang terkotak-kotak dan tidak relevan. Karena yang dibutuhkan adalah kolaborasi dan sinergi antarlembaga.

Dalam penutupnya, Presiden Jokowi terus mengingatkan kita untuk bersyukur bahwa kita telah sampai di usia 74 tahun Indonesia. Perbedaan yang kita miliki bukan untuk meniadakan dan jadi penghalang. Kita harus bersatu, karena dalam persatuan itulah kita menemukan energi yang dahsyat. Sinergi yang kuat harus terwujud untuk mendukung lompatan-lompatan kemajuan sesuai dalam bingkai besar visi Indonesia Maju.

Presiden Jokowi yakin dan mengajak kita semua untuk kembali pada persatuan Indonesia, “Seperti kiambang-kiambang yang bertaut kembali… Setelah biduk pembelah berlalu.

Karena rumah besar Indonesia milik kita semua ini, bukan hanya untuk 100 tahun maupun 500 tahun, tapi untuk selama-lamanya.”

Dirgahayu Republik Indonesia. Merdeka! (*)

Jokowi Resmikan Gedung Baru Sekretariat ASEAN

Sebelumnya

Ini Pidato Lengkap Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2019

Selanjutnya

Tulisan lainnya

Komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tema lainnya: Headline