HeadlineNews

Ini Jembatan LRT Terpanjang yang Mendapatkan Dua Rekor MURI

0

Jokoway ― Indonesia memiliki jembatan LRT dengan bentang terpanjang. Jembatan itu dibangun melayang di flyover Kuningan, Jakarta Selatan.

Jembatan LRT yang dibangun dengan tingkat kerumitan tinggi tersebut membentang sepanjang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter. Untuk bisa memacak jembatan itu, setidaknya diperlukan material beton seberat 9.688,8 ton atau setara dengan lebih tiga kali berat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Sementara besi yang digunakan mencapai 2.929,7 ton atau setara dengan lebih lima kali berat pesawat Airbus A-380.

Tidak heran jika konstruksi ini diganjar dua rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yaitu sebagai jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang, dan sebagai jembatan dengan pembebanan axial static loading test terbesar.

Perancang jembatan menakjubkan ini adalah Arvila Delitriana, insinyur lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Konstruksi yang bakal dilalui moda transportasi baru itu telah tersambung dengan presisi. Pada foto yang diambil dari ketinggian, jembatan yang digarap oleh PT Adhi Karya Tbk. itu terlihat melengkung melintasi flyover Kuningan.

“Begitulah. Dengan tersambungnya salah satu bagian tersulit dari konstruksi jalur LRT Jabodebek ini, proyek kereta LRT kita kian menampakkan hasil,” kata Jokowi melalui akun Facebooknya, Kamis (14/11).

LRT Jabodebek nantinya bakal memiliki tiga lintas pelayanan: Cawang–Cibubur, Cawang–Dukuh Atas, dan Cawang–Bekasi. (SAM)

Lima Arahan Jokowi Tentang RPJMN 2020-2024

Previous article

Presiden Jokowi Sidak Layanan BPJS Kesehatan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline