HeadlineNews

Jalan Tol Pandaan-Malang Berlatar Pemandangan Gunung Arjuno, Kawi, Hingga Semeru

0

Jokoway — Jika Anda ingin menyaksikan indahnya bentangan Gunung Arjuno, Kawi, Bromo dan Semeru di Jawa Timur, melintaslah di jalan bebas hambatan atau jalan tol Pandaan-Malang yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (13/5) kemarin.

Permainya pemandangan gunung-gunung itu akan menemani perjalanan Anda saat melintas di jalan tol yang menghubungkan Pandaan, Pasuruan sampai Singosari, Kabupaten Malang.

Indahnya bentangan gunung-gunung itu terhampar dari Purwodadi, Lawang, sampai Singosari. Selain gunung, pemandangan petak-petak persawahan di sepanjang jalan tol ini juga memanjakan mata.

Eloknya pemandangan itu dibenarkan Arief, jurnalis di Malang yang hari ini menjajal jalan tol Pandaan-Malang. Sepanjang perjalanan ia mengabadikan panorama di jalan tersebut. “Kipa, sam,” kata dia. Kipa sam, adalah bahasa walikan khas Malang yang artinya apik, mas.

Untuk diketahui, jalan tol Pandaan-Malang yang seluruhnya memiliki panjang 38,488 Km terbagi dalam lima seksi. Dua seksi jalan dari Singosari, Pakis, sampai Malang, masih dikerjakan.

Jokowi berharap hadirnya tol ini bisa semakin mempercepat mobilitas barang, jasa, dan orang. “Terutama, akan menggairahkan perekonomian Malang Raya dan sekitarnya,” kata Jokowi.

Dengan beroperasinya jalan tol ini, jika sebelumnya jarak Surabaya-Malang ditempuh 3-3,5 jam, sekarang jarak tersebut diperkirakan bisa ditempuh hanya dalam waktu 1 jam.

Jokowi juga meminta kepada Menteri BUMN selaku pemilik jalan tol Pandaan-Malang agar tidak menarik ongkos dulu kepada masyarakat pengguna tol hingga Lebaran nanti. “Gratisin sampai Lebaran, untuk percobaan dulu. Sudah dijawab, bisa, pak,” ungkap Jokowi. (SAM)

Diancam Akan Dipenggal, Jokowi: Sabar, Kita Puasa

Previous article

Mewaspadai Penumpang Gelap Pemilu 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline