HeadlineLife

Jemari Kami Saja Pegal, Tapi Jokowi Memang luar Biasa

0

Jokoway – Luar biasa itu kata yang tepat untuk menggambarkan sosok Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi, coba bayangkan jika kita menjadi beliau setidaknya dalam dua pekan ini, pagi hari berada di kota A, siang hari di kota B dan malam hari telah berada di kota C di provinsi atau pulau lain.

Kampanye secara marathon itu yang harus dilakukan seorang Jokowi, bukan sekedar hanya berkampanye namun menyapa langsung para pendukungnya di hampir segala penjuru tanah air sekaligus melihat langsung kondisi di daerah-daerah tersebut.

Contoh pada tanggal Minggu (31/3/2019), Jokowi memulai harinya dari Kota Makassar, lalu bergeser ke Gowa masih di Sulawesi Selatan, petang hari Jokowi bersama sang istri Iriana sudah berada di Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Hari Senin (1/4/2019) mantan Gubernur DKI Jakarta ini telah Sentani, Papua untuk bertemu warga terdampak korban banjir Bandang, selanjutnya malam hari Jokowi dan Iriana melanjutkan kunjungan ke Sorong, Papua Barat.

Tanggal 2 April, pasangan yang telah dikaruniai 2 cucu ini telah berada di Palembang, Sumatera Selatan untuk berkampanye di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), usai Palembang, masih di hari yang sama Jokowi telah mendarat di Solo, Jawa Tengah untuk melanjutkan jalan darat berkampanye di Ngawi, Jawa Timur.

3 April, Jokowi melakoni serangkaian agenda, mulai dari engan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta Perkumpulan Penggilingan Padi dan pengusaha Beras (Perpadi) di Sragen, Jawa Tengah dan dilanjutkan menghadiri peringatan Isra Mi’raj Tahun 2019/1440 Hijriah, di GOR Pandawa, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Malam hari (3/4/2019), Jokowi sempat rehat sejenak dengan bermain bersama cucu pertamanya Jan Ethes di salah satu Mal di Kota Solo. Kamis (4/4/2019) Jokowi dan Iriana langsung menuju Banyumas untuk berkampanye, dilanjutkan ke Tegal dan Brebes.

Di Tegal, Jokowi sempat berorasi dalam keadaan basah kuyub karena memang cuaca sedang hujan lebat namun ini tidak menyurutkan semangat Jokowi dan para pendukungnya.

“Ndak, ndak, ndak, ndak. Sehat, sehat. Tapi kita ini kan memberi semangat. Masak rakyat hujan-hujanan, kita pakai payung. Ya enggak lah,” kata Jokowi saat itu.

“Biasalah kehujanan. Dulu waktu kecil hampir setiap hari kehujanan. Enggak apa-ala. Kehujanan seperti itu saya sudah lebih dari 35 tahun, enggak pernah kehujanan lagi kayak tadi,” ujar Jokowi.

Selanjutnya, Jumat (5/4/2019) Jokowi berkampanye di Cirebon, Jawa Barat dilanjutkan ke Indramayu, pukul 22.00 malam hari Jokowi dan sang istri telah berada di Deli Serdang, Sumatera Utara dan langsung berkampanye, tanggal 6 April melanjutkan kampanye di Asahan, Sumatera Utara.

Dihari yang sama setelah dari Asahan, Jokowi dan Iriana langsung menuju Batam, Kep. Riau untuk bertemu ribuan pendukungnya. Malam harinya Jokowi kembali ke Jakarta untuk melanjutkan kampanye esok hari bersama warga Tangerang, Minggu (7/4/2019), selanjutnya Minggu malam melanjutkan agenda di ICE BSD, Tangerang untuk menghadiri acara deklarasi Pemuda, Influencer dan disabilitas serta Komunitas olahraga berSatu.

Senin (8/4/2019), Jokowi-Iriana telah mendarat di Kupang, NTT untuk melakukan agenda kampanye di lapangan Sitarda, Kelurahan Lasiana, Kota Kupang, kehadiran Jokowi memunculkan antusiasme warga termasuk menghadang mobil yang ditumpanginya.

Masih dihari yang sama, usai dari Kupang, sore hari Jokowi telah mendarat di Palangkaraya, Kalimantan Selantan untuk meresmikan terminal Bandara Tjilik Riwut dan malam harinya melakukan kampanye di Kalawa Convention Center.

Hari ini Selasa (9/4/2019) Jokowi-Iriana memulai hari dengan berkampanye di Karawang, Jawa Barat lalu setelahnya dilanjutkan ke Soreang di Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan sore hari mendarat di kota kelahiranya Solo, Jawa Tengah guna menghadiri kampanye akbar di Stadion Sriwedari.

Dalam satu kesempatan saat ditanya soal rahasia tampil primanya itu, Jokowi menjelaskan supaya tetap bugar, Jokowi tidak pernah melewatkan waktu makan.

“Harus makan,” katanya seraya mengatakan bahwa dirinya mendapat tambahan ‘kekuatan’ dari jamu. Persoalan jamu ini sudah sering dia sampaikan.

Kami sebagai jurnalis yang ‘hanya’ mengetik naskah untuk memberitakan kegiatan Jokowi saja kadang merasa lelah, pengalaman saya saat menulis naskah untuk mengabarkan kegiatan kampanye Jokowi terkadang suka lupa,”Ini Jokowi lagi ada dimana ya?”

Dalam obrolan sore hari tadi bersama senior di Jokoway.com, sempat berkelakar,”Mas ini jariku aja ampe lemes ngetik berita Pak Jokowi, lha tadi baru kelar ngetik kampanye Pak Jokowi di Bandung, ini udah nyampe aja kiriman file foto-foto Pak Jokowi naik kereta kencana menuju Stadion Sriwedari”.

Jokowi juga ibu Iriana memang luar biasa, tidak terbayang lelahnya untuk terus menyapa secara langsung warga masyarakat diseluruh sudut negeri ini guna menyampaikan apa yang telah dan akan dilakukannya.

Ini bukti bahwa Jokowi mencintai dan dicintai rakyatnya. [wow]

Komunitas Pemerhati Indonesia: Ada Perusahaan Asing Sumbang Dana Kampanye Sandiaga

Sebelumnya

Kampanye di Solo, Jokowi: Jangan Kendor Harus Terus Gaspol

Selanjutnya

Tulisan lainnya

Komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tema lainnya: Headline