HeadlineNews

Jokowi Cek Kesiapan Tatanan Normal Baru di Masjid

0

Jokoway ― Dalam beberapa hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan sendiri kesiapan tatanan baru di rumah ibadah. Ia ingin melihat langsung kesiapan masjid jika nantinya mulai digunakan lagi bersama-sama untuk menunaikan salat Jumat, salat wajib berjamaah, atau salat sendiri.

“Pagi ini saya melakukan pengecekan di Masjid Baiturrahim di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, untuk mempersiapkan sebuah tatanan normal baru, adaptasi kebiasaan baru,” katanya.

Di sana Jokowi melihat sendiri, ruangan dalam masjid telah benar-benar ditata, dan telah  dibersihkan dengan disinfektan. Penataan jarak di dalam ruangan masjid juga tak luput dia amati.

Sebelumnya, Selasa (2/6) lalu, Jokowi juga tampak mendatangi Masjid Istiqlal, Jakarta, untuk meninjau kesiapan penerapan prosedur kenormalan baru di sana.

Masjid Istoqlal, saat ini memang tengah direnovasi. Setidaknya renovasi tersebut telah rampung sekitar 90 persen dan direncanankan akan selesai Juli mendatang. Namun, Jokowi menyatakan belum tahu kapan masjid ini akan dibuka untuk umum.

Menurut Imam Besar Masjid Istiqlal, apabila tidak ada kendala, pembukaan kembali Masjid Istiqlal diperkirakan akan dilakukan selepas renovasi. “Yang jelas, saya berharap agar keputusan yang nanti diambil harus dilandasi oleh data-data ilmiah, melalui tahapan serta protokol yang ketat,” tuturnya.

Kepada para pengelola masjid, Jokowi meminta untuk menyiapkan sejak awal protokol kesehatan yang harus diterapkan para jemaah, demi kenyamanan dan keselamatan bersama.

Dengan demikian, saat datang ke masjid, umat pun dapat beribadah dengan khusyuk sekaligus aman dari persebaran Covid-19. (MET)

Empat Langkah Pemulihan Ekonomi Nasional di Tengah Pandemi Global

Previous article

Presiden Jokowi Salat Jumat di Masjid Baiturrahim

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline