HeadlineNews

Jokowi Lempar Tanya ke Warganet: Di Mana Sebaiknya Ibu Kota Indonesia?

0

Jokoway – Keputusan memindahkan Ibu Kota ke luar Pulau Jawa yang diambil Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum sampai pada kepastian kota mana yang akan menggantikan Jakarta. Melalui akun media sosialnya, Jokowi pun melempar tanya, kota mana kira-kira yang layak menjadi Ibu Kota Indonesia.

“Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?” tulis dia di akun Instagram @jokowi, Selasa (30/4/2019).

Jokowi pun menjelaskan, DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus, yaitu sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis. “Apakah di masa depan kota ini masih mampu memikul beban itu?” kata Jokowi kembali bertanya.

Banyak negara, kata Jokowi, yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain.

Sementara di Indonesia, gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, dan selalu menjadi wacana di setiap era presiden, tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang.

“Kemarin di Kantor Presiden, saya menggelar rapat soal pemindahan ibu kota negara. Pembahasan ini tidak hanya mempertimbangkan manfaat jangka pendek semata, namun, terutama kebutuhan dan kepentingan negara dalam perjalanan menuju negara maju,” ujarnya.

Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar. Di antaranya mengenai pemilihan lokasi yang tepat, pertimbangan aspek geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrastruktur pendukung.

Para netizen mengusulkan wilayah-wilayah yang menurutnya layak dijadikan ibu kota Indonesia. Ada yang menawarkan Kalimantan, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau bahkan Papua. [LEA]

Quick Count Bengkulu: Kebenaran Ilmiah Vs Kebenaran Politik

Previous article

Jokowi Makan Siang di Kantin Bareng Karyawan Pabrik Sepatu di Cikupa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline