Headline

Jokowi Mau Produk Lokal, Prabowo Pesan 500 Maung Pindad

0

Jokoway — Permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar jajaran kementerian memprioritaskan berbelanja produk bikinan dalam negeri, direspons cepat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Memenuhi permintaan tersebut, Prabowo langsung memesan 500 unit kendaraan taktis (rantis) Maung bikinan PT Pindad.

Menurut Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose, harga Maung yang dipesan Prabowo Rp 600 juta per unit. Kini Pindad akan segera memproduksi Maung secara massal untuk memenuhi pesanan Kementerian Pertahanan.

Untuk diketahui, Maung yang dipesan Prabowo telah dikembangkan selama satu tahun terakhir, atas hasil kerja sama Pindad dengan divisi pasukan tempur jarak dekat TNI, yakni infanteri.

Maung berkategori kendaraan taktis ringan full armor atau bodi antipeluru. Mobil ini diproduksi dengan kelengkapan dudukan persenjataan berkaliber 7,62 dan senapan serbu SS2.

Kelengkapan lainnya, Maung memiliki towing empat buah serta alat derek dengan beban tarik 4,5 ton. Sebagai standar keamanan, ia juga dilengkapi alat pemadam ringan, jerigen bermuatan 2×20 liter, alat komunikasi, hingga GPS.

Berfungsi sebagai kendaraan perang jarak dekat, pintu Maung dapat dilepas dari dalam dengan kecepatan empat menit.

Adapun mesin yang disematkan pada Maung adalah produksi pabrikan Jepang, yaitu mesin turbo diesel kapasitas 2.500 cc dengan transmisi enam percepatan serta sistem gerak 4×4. Berdasarkan uji coba Pindad, Maung bisa melesat di jalan bebas hambatan 120 km hingga 140 km per jam.

Dalam rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/7) lalu, Presiden Jokowi memang meminta agar jajaran kementerian mempercepat penggunaan anggaran belanjanya. Selain itu, Jokowi juga meminta agar impor belanja direm dulu.

“Belanja-belanja yang dulu ke luar (negeri), direm dulu. Beli produk dalam negeri kita. Kemhan bisa beli di DI (PT Dirgantara Indonesia), Pindad, PAL. Agar ekonomi kena trigger, bisa memacu pertumbuhan ekonomi kita,” kata Jokowi,

Menurut Jokowi, Pindad, PTDI dan PT PAL merupakan jajaran BUMN industri pertahanan andalan dan kebanggaan nasional.

Rupanya tak sampai sepekan Prabowo bergerak ke markas Pindad di Bandung, Jawa Barat. Di sana ia menjajal sendiri si Maung,

Fotonya saat tengah menunggangi kendaraan tersebut diunggah Prabowo melalui akun Twitternya Minggu (12/7) lalu.

Siap, Presiden! (SLA)

Jelang Idul Adha, Muatan Kapal Ternak Pelni Meningkat

Previous article

Jokowi Akan Rampingkan 18 Badan Negara

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline