Headline

Jokowi Perintahkan Bantuan Koperasi dan UMKM Dipercepat

0

Jokoway — Pandemi Covid-19 membawa dampak bagi perekonomian. Di tengah aktivitas ekonomi yang melesu, UMKM dan koperasi jadi ikut terkena imbasnya.

Atas dasar itulah, pemerintah menyiapkan sejumlah kebijakan, salah satunya berupa pembiayaan koperasi sebesar Rp 1 triliun di masa pemulihan ekonomi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meminta agar pembiayaan tersebut segera diberikan kepada koperasi-koperasi agar selanjutnya, dari koperasi juga diteruskan kepada para anggota pelaku usaha secepat-cepatnya.

“Salurkan cepat dan sederhanakan prosesnya,” pesan Jokowi dalam acara Penyaluran Dana Bergulir untuk Koperasi Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Negara, Jakarta, Kamis (23/7).

Sementara kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pemerintah juga telah menyiapkan bantuan modal kerja produktif bagi 12 juta pelaku usaha.

Menurut Jokowi, kesempatan bagi Indonesia untuk kembali mengungkit dan menaikkan perekonomian adalah pada Juli hingga September mendatang. Karena itulah, kementerian dan lembaga dimintanya untuk mengintensifkan belanja anggaran di tiga bulan tersebut agar daya beli masyarakat dapat kembali naik dan memudahkan pemulihan ekonomi pada kuartal-kuartal mendatang.

Melalui kebijakan ini, Jokowi berharap, akan bisa kembali mendongkrak perekonomian dan mengurangi beban akibat pandemi Covid-19.

Kebijakan terkait UMKM dan koperasi telah disiapkan untuk dieksekusi secara besar-besaran pada Agustus mendatang. (NUR)

Bio Farma Siap Lakukan Uji Klinis Tahap Tiga Vaksin Covid-19

Previous article

Ikhtiar BUMN Mendulang Cuan dari Pakan Ikan dan Udang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline