HeadlineNews

Jokowi: Perizinan yang Berbelit Hambat Kemajuan Ekonomi

0

Jokoway — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, salah satu penghambat kemajuan ekonomi Indonesia adalah perizinan yang berbelit-belit. Baik di tingkat pusat maupun daerah.

Jokowi pun mencontohkan izin pembangkit listrik yang lima tahun lalu sangat ruwet. “Anda tahu berapa jenis perizinan untuk investasi pembangkit listrik? Lima tahun lalu: 259 izin,” terang Jokowi melalui akun Facebooknya, Jumat (10/5).

Jika kuat mengurusnya, lanjut Jokowi, perizinan untuk investasi itu tidak akan selesai dalam kurun waktu tiga tahun.

Dalam perjalanannya, jumlah perizinan tersebut akhirnya dapat dipangkas menjadi 58 izin. Walaupun deretan jumlah izin itu juga masih jauh dari memuaskan.

Karena itulah, Jokowi mengingatkan pentingnya penyederhanaan organisasi. Tujuannya agar birokrasi Indonesia semakin luwes dalam memutuskan setiap kebijakan.

“Lembaga-lembaga yang tidak kita perlukan, tidak efisien, dan tidak memberikan kontribusi yang riil kepada negara, sebaiknya ditutup saja. Di daerah pun begitu,” ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, melakukan reformasi struktural seperti itu sangat penting untuk meningkatkan daya saing Indonesia di dunia yang berubah semakin cepat. (SAM)

Tanpa Beban, Jokowi Siap Lakukan yang Terbaik untuk Negara

Sebelumnya

Mereka yang Berkhayal Kemenangan Prabowo Dirampas

Selanjutnya

Tulisan lainnya

Komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tema lainnya: Headline