HeadlineNews

Konektivitas Digital Indonesia yang Diwujudkan di Era Jokowi

0

Jokoway ― Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Proyek Palapa Ring, Senin (14/9) kemarin, di Istana Merdeka, Jakarta. Melalui proyek yang kerap disebut sebagai Tol Langit ini, sebanyak 514 kabupaten/kota di Indonesia pun berhasil terkoneksi dengan Internet berkecepatan tinggi.

Jokowi merasa senang atas diresmikannya Proyek Palapa Ring yang membentang di tiga wilayah: Barat, Tengah, dan Timur Indonesia ini. Bila sebelumnya konektivitas digital kerap mengalami ketimpangan, kini problem tersebut bisa diatasi.

“Saya sudah datang ke hampir semua daerah di Indonesia, dan saya mengalami sendiri ketimpangan yang tajam antardaerah dalam hal konektivitas digital. Ada yang sangat kencang, ada yang sangat lemah,” terang Jokowi.

Palapa Ring, sebut Jokowi, menjadi tulang punggung pemerataan akses telekomunikasi di seluruh penjuru Nusantara.

Untuk diketahui, proyek pembangunan jaringan kabel optik yang menghubungkan seluruh wilayah Indonesia ini dimulai pada tahun 2016 di era pemerintahan Jokowi.

Dalam acara peresmian kemarin, Jokowi pun sempat berbincang melalui konferensi video dengan para pejabat pemerintah daerah di Kabupaten Merauke, Kabupaten Sorong, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kota Sabang. Koneksi yang dilakukan melalui jaringan Internet tersebut terlihat lancar, tak ada kendala sama sekali.

Satu yang pasti, Palapa Ring mampu menghadirkan kesempatan yang sama untuk mengakses kemajuan teknologi di seluruh wilayah Indonesia.

“Ini yang juga harus dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan dan kemajuan bangsa,” kata dia. (SAM)

Berkat Palapa Ring, Internet di Papua Kian Berkecepatan Tinggi

Sebelumnya

170 Titik BBM Satu Harga Membentang dari Sumatera Hingga Papua

Selanjutnya

Tulisan lainnya

Komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tema lainnya: Headline