HeadlineNews

Langkah Jokowi Mencegah Kekerasan Pada Anak Indonesia

0

Jokoway ― Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah akan segera mengeluarkan instruksi tentang prioritas aksi pencegahan kekerasan kepada anak. Hal ini perlu dilakukan agar angka kasus kekerasan terhadap anak yang kian menanjak naik bisa ditekan secara maksimal.

Langkah ini mengemuka saat Jokowi memimpin rapat terbatas khusus tentang penanganan kasus kekerasan terhadap anak di Jakarta, Kamis (9/1).

Kasus kekerasan terhadap anak, disebut Jokowi ibarat fenomena gunung es: sebagian besar tidak dilaporkan, atau tidak sampai kepada pihak berwenang.

Sementara dari beberapa kasus yang dilaporkan, ternyata kekerasan seksual menempati posisi teratas, diikuti kekerasan psikis maupun fisik. “Tentu ini perlu menjadi perhatian kita bersama,” kata Jokowi.

Jokowi juga menyebut, aksi pencegahan kekerasan terhadap anak ini harus melibatkan keluarga, sekolah, serta masyarakat.

“Selain itu, perlu dilakukan optimalisasi terhadap sistem pelaporan dan pengaduan kasus kekerasan yang mudah diakses dan diketahui banyak kalangan,” terangnya.

Karena itulah, semakin cepat masyarakat melaporkannya, maka akan semakin cepat pula pemerintah menindaklanjutinya.

Menurut Jokowi, manajemen penanganan kasus kekerasan pada anak juga hendaknya terintegrasi, mulai dari layanan pengaduan, pendampingan, hingga layanan kesehatan.

Terakhir, Jokowi menekankan bahwa proses penegakan hukum yang dilakukan sudah seharusnya benar-benar memberikan efek jera bagi para pelakunya. (MET)

Menjadikan Duta Besar Indonesia Sebagai Duta Perdamaian Sekaligus Duta Investasi

Previous article

Ikhtiar Menguatkan Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Jepang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline