News

Menghadirkan Terang di Desa Komodo

0

Jokoway — Warga Desa Pasir Panjang, Pulau Rinca dan Desa Komodo, Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), kini bisa menggunakan listrik secara maksimal.

Setelah sebelumnya setrum di kedua desa tersebut cuma mengalir 12 jam, kini PLN telah menambah pasokan listrik menjadi 24 jam, non stop.

Tentu saja, hadirnya saluran listrik anyar ini disambut riang gembira oleh warga desa di kawasan Taman Nasional Komodo tersebut.

“Tentu kami sangat bersyukur, di mana dulu listrik hanya 12 jam dan sekarang sudah 24 jam. Sekarang kami bisa memanfaatkan alat skap kayu listrik, cuci baju pakai mesin, tempat pendingin untuk simpan ikan di siang hari. Tentu ini sangat bermanfaat dan bisa menunjang perekonomian masyarakat,” ucap Muchtar, Kepala Desa Pasir Panjang.

Setali tiga uang dengan Muchtar, Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula, bilang peningkatan jam operasional listrik ini akan mendongkrak geliat pariwisata di pulau tersebut.

Pengoperasian listrik 24 jam dilakukan setelah PLN berhasil menambah satu mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) berkapasitas 100 kiloWatt (kW). Dengan penambahan mesin pembangkit ini, kini Desa Pasir Panjang memiliki daya sebesar 160 kW dengan beban puncak sebesar 55 kW. Dengan demikian, terdapat cadangan daya sebesar 105 kW di sana.

Sedangkan untuk meningkatkan pasokan listrik di Desa Komodo, PLN menambah dua mesin pembangkit berkapasitas 100 kW. Dengan penambahan mesin ini, Desa Komodo memiliki daya sebesar 300 kW dengan beban puncak mencapai 115 kW. Dengan pasokan itu, setidaknya masih terdapat cadangan daya sebesar 185 kW.

Sebanyak 943 penduduk yang memiliki mata pencarian sebagai nelayan di kedua desa tersebut, kini pun bisa menggunakan listrik 24 jam untuk memberikan nilai tambah dalam kegiatan ekonomi dan pariwisata di sana.

“Dengan beroperasinya listrik 24 jam, sekarang warga bisa membeli pendingin untuk hasil tangkapan ikan. Hasil ikan bisa diolah, karena di Labuan Bajo akan dibangun industri-industri perikanan,” tutur General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT, Agustinus Jatmiko.

Selain mengoperasionalkan listrik 24 jam, melalui program CSR, PLN juga memberikan bantuan mesin pendingin (freezer) untuk Desa Pasir Panjang dan Desa Komodo. Selain itu dilakukan pula penandatangan nota kesepahaman pelatihan pembelajaran listrik dengan SMKN 2 Komodo. (NUR)

Seru, Telkomsel Gelar Indonesia Games Championship 2020

Previous article

Ini Lima Program Utama Komite Penanganan Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in News