HeadlineNews

Menilik Isi Fasilitas RS Darurat Covid-19 Milik Pertamina

0

Jokoway ― RS Darurat Covid-19 milik Pertamina yang dibangun di atas lapangan sepak bola Simprug, Jakarta Selatan, kelar didirikan hanya dalam waktu sebulan.

Menandai siap dioperasionalkannya rumah sakit tersebut, kunci pun telah diserahterimakan dari Patra Jasa kepada Pertamedika IHC, Sabtu (30/5), pekan lalu. Serah terima dilakukan Direktur Teknik Patra Jasa Ferry Febrianto, kepada Direktur Utama Pertamedika IHC Fathema Djan Rahmat.

Sekadar tahu saja, pembangunan rumah sakit yang dimulai 22 April lalu dilakukan oleh PT Patra Jasa dengan menggandeng Wika sebagai kontraktornya. Sedangkan untuk pengelolaannya dilakukan oleh PT Pertamina Bina Medika IHC (Pertamedika IHC), yang juga merupakan Holding RS BUMN.

Lantas, apa saja sih isi fasilitas rumah sakit ini?

Didirikan dengan luas bangunan lebih dari 10.000 meter persegi, rumah sakit dengan nama resmi RSPP Extension Covid-19 ini, dilengkapi fasilitas penunjang seperti IGD, kamar operasi, laboratorium (PCR, Hematologi, serta AGD), radiologi (CT scan dan X-ray), hemodialisa, farmasi, gizi, sentral sterilisasi, laundry, dan kamar jenazah.

Selain itu, rumah sakit yang seluruh kamar rawat inapnya dilengkapi dengan negative pressure ini memiliki total 300 bed, yang terdiri dari 10 bed IGD, 31 bed ICU, 19 bed HCU, dan 240 bed non ICU.

Untuk menunjang seluruh fasilitas yang sudah tersedia di RSPP Extension Covid-19, Pertamedika IHC menyiapkan 950 tenaga medis yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, dan penunjang medis lainnya.

Atas serah terima tersebut, Fathema pun menyampaikan terima kasih serta apresiasinya kepada Pertamina (Persero) atas dukungan yang diberikan dalam percepatan pembangunan rumah sakit khusus untuk perawatan pasien Covid-19 ini.

“Sebagai rumah sakit modular, RSPP Extension Covid-19 memiliki fasilitas pelayanan yang sangat lengkap dari hulu ke hilir, dan didesain dengan konsep desain rumah sakit modern. Dengan kapasitas 300 bed, kita boleh bangga Pertamina memiliki rumah sakit khusus Covid-19 terbesar dan terlengkap fasilitasnya di Indonesia,” ujar Fathema. (MET)

Didukung Kesiapan Stok Pangan, Inflasi Lebaran Cuma 0,07 Persen

Previous article

Mengembalikan TVRI Sebagai Rumah Musisi Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline