HeadlineNews

Mewujudkan Mimpi Pekerja Punya Rumah Sendiri

0

Jokoway ― Ini kabar gembira bagi para pekerja yang selama bertahun-tahun menghuni rumah petak atau rumah kontrakan. Melalui beleid anyar yang dilansir pemerintah, mimpi untuk punya rumah sendiri bakal diwujudkan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), 20 Mei lalu. Dengan skema yang tidak memberatkan, nantinya para pekerja bisa membeli dan mencicil rumah dari hasil kerjanya sendiri.

Mengutip isi aturan tersebut, peserta dana Tapera terdiri dari pekerja, serta pekerja mandiri. Golongan pekerja ini terdiri atas calon PNS, TNI, anggota Polri, pejabat negara, pekerja BUMN atau BUMD, termasuk pekerja dari perusahaan swasta.

Seluruh golongan peserta tersebut akan didaftarkan sebagai peserta oleh pemberi kerja kepada Badan Pengelola (BP) Tapera. Sementara, pekerja mandiri harus mendaftarkan dirinya sendiri untuk bisa menjadi peserta.

Besaran simpanan peserta untuk peserta pekerja akan ditanggung bersama oleh pemberi kerja sebesar 0,5 persen dan pekerja sebesar 2,5 persen. Sedangkan besaran simpanan peserta mandiri, ditetapkan berdasarkan penghasilan rata-rata setiap bulan dalam satu tahun sebelumnya dengan batas tertentu. Seluruh simpanan peserta mandiri akan menjadi tanggung jawab pribadi.

Untuk diketahui, pembentukan Tapera ini dilandaskan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat. Sesuai amanat undang-undang tersebut, negara wajib menjamin pemenuhan kebutuhan warga negara atas tempat tinggal yang layak dan terjangkau.

Dari beleid ini, Badan Pengelola (BP) Tapera pun dibentuk. Mereka inilah yang diamanatkan untuk mengelola tabungan perumahan ini.

Selama ini untuk bisa memenuhi kebutuhan rakyat atas tempat tinggal yang layak memang kerap terkendala lantaran belum tersedianya skema dana murah jangka panjang untuk menunjang pembiayaan perumahan.

Melalui sistem tabungan perumahan inilah, mimpi para pekerja untuk punya rumah akan diwujudkan. Direncanakan, pelaksanaan Tapera akan dilakukan bertahap mulai 2021. (MET)

Mengembalikan TVRI Sebagai Rumah Musisi Indonesia

Previous article

Empat Langkah Pemulihan Ekonomi Nasional di Tengah Pandemi Global

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline