HeadlineNews

Padamkan Kebakaran Hutan di Riau, Pemerintah Kerahkan 50 Helikopter

0
PENGUNGSI KEBAKARAN LAHAN RIAU

Jokoway ― Pemerintah terus berupaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Provinsi Riau. Sebanyak 50 helikopter dari berbagai kementerian/lembaga, TNI, Polri, dan swasta dikerahkan untuk melakukan water bombing guna memadamkan pagebluk ini.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengungkapkan, pihaknya mengerahkan 42 helikopter untuk pemadaman karhutla ini.

Memadamkan kebakaran lahan gambut, ungkap Doni, bukanlah hal yang mudah. “Pemadaman melalui water bombing maupun selang air bukan upaya yang efektif untuk memadamkan api. Hanya hujan yang bisa memadamkan api di sejumlah wilayah karhutla,” ungkap Doni.

Atas dasar itulah BNPB bekerjasama dengan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) untuk membuat hujan buatan.

Hingga saat ini wilayah kebakaran paling besar terjadi di Provinsi Riau dengan cakupan sekitar 40 ribu hektare. Sementara jumlah keseluruhan lahan yang terbakar mencapai 80 ribu hektare.

Luasnya lahan yang terbakar itu, menurut Doni, menjadi salah satu faktor penyebab jumlah titik api semakin meningkat, sehingga ketebalan asap dan ketebalan polutan semakin buruk.

Di samping itu, rendahnya curah hujan di wilayah karhutla akibat dampak dari fenomena El Nino makin memperburuk kebakaran dan kualitas udara yang ada di Riau. (SAM)

Empat Usulan Revisi UU KPK dari DPR yang Ditolak Presiden Jokowi

Previous article

Agar Kali Bahagia Menghadirkan Kebahagiaan bagi Warga

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline