HeadlineNews

Palapa Ring Permudah Generasi Muda Papua Kembangkan Ekonomi Digital

0

Jokoway – Proyek Palapa Ring yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin, 14 Oktober lalu, berdampak positif bagi generasi muda Papua. Mereka selain bisa mengembangkan ekonomi digital, juga jadi gampang mengakses pasar global serta lebih mudah mengembangkan ide-ide kreatifnya.

CEO KitongBisa.com, Billy Mambrasar menyampaikan hal tersebut dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertema “Menghitung Dampak Palapa Ring” di Ruang Serba Guna, Gedung Utama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa, 15 Oktober kemarin.

“Palapa Ring makin memudahkan kami untuk menyatukan generasi muda Papua mengembangkan ide-ide kreatif dan dapat mengakses pasar global,” ujar Billy Mambrasar, yang juga Ketua Papua Muda Inspiratif.

Palapa Ring yang menjadikan akses Internet di Papua kian kencang tersebut juga diyakini akan membuat semakin banyak generasi muda mengembangkan usaha rintisan (start-up).

Saat ini saja, melalui Gerakan Papua Muda Inspiratif telah lahir 118 muda-mudi Papua yang memiliki usaha rintisan serta gerakan sosial kepemudaan.

Menurut Billy, gerakan ini juga bertujuan untuk membuat sebuah Creative Youth and Innovation Hub. “Kami pun terus berusaha melakukan perubahan dengan mendukung program-program pembangunan pemerintah di Provinsi Papua dan Papua Barat,” ujarnya.

Papua Muda Inspiratif pun telah melakukan sejumlah gerakan nyata di Papua. Di Sorong, misalnya, mereka mengadakan pelatihan keahlian kewirausahaan dan kepemimpinan yang dihadiri oleh 200 muda-mudi. Lalu pada 18 Oktober mendatang para anggota Papua Muda Inspiratif akan mengikuti Harvard Hackaton di Amerika Serikat. Di Negeri Abang Sam mereka mengemukakan gagasan tentang mengubah lemak menjadi baterai.

Seorang anggota komunitas ini juga mengikuti kompetisi SDGs Pipe Award di Spanyol, menyampaikan gerakan mengurangi angka buta aksara di daerah pedalaman.

Kemudian, satu perusahaan rintisan juga menjadi pemenang lomba Pameran Inovasi Start-up yang diadakan Kemenristek Dikti, dengan menciptakan aplikasi Virtual Tour Guide. Melalui aplikasi ini para pengguna dapat merencanakan dan menjadwalkan perjalanan hingga mendapatkan guide lokal yang terpercaya secara rinci.

Untuk diketahui, Billy sendiri merupakan Duta SDGs (Sustainable Development Goals) Indonesia. Ia dianggap memiliki insiatif untuk melatih muda-mudi Papua membuat produk yang dipromosikan ke marketplace. (SAM)

170 Titik BBM Satu Harga Membentang dari Sumatera Hingga Papua

Sebelumnya

17an di bawah Hujan Deras Tembagapura Papua

Selanjutnya

Tulisan lainnya

Komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tema lainnya: Headline