Headline

Pelindo I Lahirkan 1.323 Mitra Binaan

0

Jokoway ― Seperti perusahaan BUMN lainnya, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I juga hadir membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia.

Bantuan yang disalurkan melalui program kemitraan itu, antara lain pelatihan kewirausahaan hingga sokongan permodalan bagi UMKM mitra binaan.

Menurut VP Public Relations Pelindo I Fiona Sari Utami, realisasi anggaran yang telah disalurkan pada 2019 mencapai Rp 17,1 miliar. Sementara pada Januari-Mei 2020 lalu, Pelindo I sudah merealisasikan bantuan sebesar Rp 2,4 miliar.

“Para mitra binaan ini berasal dari berbagai sektor seperti perdagangan, jasa, industri, pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan,” kata Fiona melalui rilis media, Sabtu (27/6).

Untuk diketahui, program kemitraan dan pembinaan UMKM yang dimulai sejak 1991 hingga saat ini telah melahirkan 1.323 mitra binaan yang tersebar di seluruh wilayah kerja Pelindo I di empat provinsi yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

Selama masa pandemi Covid-19, ungkap Fiona, Pelindo I juga bekerja sama dengan mitra binaan di seluruh cabang untuk menyediakan masker, hand sanitizer, alat pelindung diri (APD), juga barang kebutuhan pokok. Aneka barang itu selanjutnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan terdampak Covid-19.

Tak hanya menggulirkan dana, Pelindo I juga secara aktif  membantu  memperkuat kompetensi pelaku UMKM.

“Kami juga memberikan pelatihan branding secara online dan juga bagaimana bisa memasarkan produk UMKM baik offline maupun online dengan maksimal terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” ungkap Fiona.

Dalam membina UMKM, Pelindo I juga mengoptimalkan  kompetensi bidang usaha yang ditekuni setiap UMKM binaan. Melalui cara inilah diharapkan kemandirian ekonomi masyarakat bisa terwujud.

Sementara VP Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pelindo I Fatimah Zuhra mengatakan, permodalan yang bisa didapatkan oleh calon mitra binaan senilai maksimal Rp 200 juta, dengan jangka waktu pinjaman paling lama tiga tahun.

“Para mitra binaan ini diberikan masa tenggang selama tiga bulan pertama sejak pinjaman diberikan, kemudian bulan keempat baru mulai membayar cicilan,” jelas Fatimah.

Bagi pelaku UMKM yang berminat mengikuti program kemitraan Pelindo I, monggo hubungi Kantor Cabang Pelindo I terdekat dengan lokasi usaha. (NUR)

Agar Usaha Kecil Laris Manis Jualan Via Instagram

Previous article

TVRI Luncurkan Program Rumah Musik Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline