Headline

Permainya Pemandangan Tol Pandaan-Malang

0

Jokoway — Hamparan pemandangan di Jalan Tol Pandaan-Malang, Jawa Timur, sungguh permai. Bentangan gunung yang menjulang tinggi menghiasi ruas jalan ini.

Menyusuri tol ini Gunung Bromo dan Semeru yang terkenal itu akan terlihat di sisi timur ruas tol, jika dari arah Malang. Sementara hamparan Gunung Arjuno terlihat di sisi barat, Gunung Kawi di sisi barat daya, juga Gunung Panderman di Kota Batu dan Gunung Penanggungan di wilayah Pandaan.

Eloknya pemandangan ini akan menemani perjalanan Anda saat melintas di jalan tol yang menghubungkan Pandaan, Pasuruan sampai Singosari, Kabupaten Malang.
Selain gunung, petak-petak sawah hijau di sepanjang jalan tol ini juga turut menghiasi pemandangan.

Tol Pandaan-Malang yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 13 Mei 2019 lalu, tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Surabaya-Malang.

Tol Pandaan-Malang secara keseluruhan memiliki lima seksi yang membentang sepanjang 38,48 km. Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,4 km, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km dan Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7,1 km. Selanjutnya Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,7 km dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,1 km.

Pengoperasian ruas Tol Pandaan-Malang seksi V Pakis-Malang telah disetujui pengoperasiannya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), setelah dinyatakan lulus uji laik fungsi oleh Ditjen Bina Marga. Seksi V merupakan bagian terakhir dari Jalan Tol Pandaan-Malang yang dioperasikan.

Kehadiran ruas tol ini makin mempercepat mobilitas orang, jasa dan arus barang dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya. Selain itu juga akan semakin menunjang sektor pariwisata seperti kawasan wisata Taman Safari Prigen, Kebun Teh Wonosari, Candi Singosari dan kawasan wisata Batu.

Dengan beroperasinya jalan tol ini, jika sebelumnya jarak Surabaya-Malang ditempuh 3 hingga 3,5 jam, sekarang jarak tersebut bisa ditempuh hanya dalam waktu satu jam.

Untuk diketahui, Jalan Tol Pandaan–Malang yang dikelola oleh BUJT PT Jasamarga Pandaan Malang, ini telah menerima Sertifikat Green Toll Road Indonesia dengan level Gold Plus. Proses sertifikasi Green Toll Road Indonesia dilakukan oleh Green Infrastucture and Facilities Indonesia yang merupakan sub divisi Green Product Council Indonesia (GPCI), organisasi nirlaba di bawah naungan Global Ecolabel Network (GEN).

Penilaian Green Toll Road Indonesia di antaranya meliputi enam indikator mulai akses, kelayakan dan pelayanan, efisiensi energi dan air, lingkungan, material, konstruksi hingga kerja sama kewilayahan.

Indikator tersebut sesuai yang diamanatkan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) United Nations. (NUR)

Harga Gas Turun, Krakatau Steel Hemat Biaya Operasional Tujuh Persen

Previous article

Erick Thohir Serahkan 100 Ribu Avigan di Jawa Timur

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Headline