News

Surat Utang Luar Negeri Indonesia Berstatus Investment Grade

0
Jokoway – Tahu Tidak, di bulan April 2018, sovereign credit rating (SCR) atau surat utang luar negeri naik peringkat menjadi investment grade. Ini menjadi yang pertama sejak 1998 (krisis ekomomi).
Apa sih manfaatnya dengan peningkatakan rating menjadi SCR? dengan berada dilevel ini ekonomi Indonesia dinllai oleh pihak luar berada di jalur yang benar. Cadangan devisa Indonesia sebesar US$ 126 miliar, lebih baik jika dibandingkan dengan periode sama tahun 2017 sebesar S$ 121,8 miliar.
Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani seperti yang diberitakan kontan.co.id (6 April 2018), keberhasilan Indonesia naik peringkat menjadi investment grade adalah akuntabilitas, transparansi dan kehati-hatian mengelola APBN.
Adapun soal kondisi perekonomian saat ini dimana ekonomi dunia disebut dalam kondisi menantang karena kebijakan moneter Amerika Serikat (AS) berdampak pada nilai tukar mata uang dibanyak negara termasuk Indonesia, menurut Menkeu yang perlu dilakukan adalah memperbaiki fundamental perekonomian, dan ini telah dilakukan di Indonesia.
Bukti dari adanya perbaikan fundamental perekonomian adalah pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih sanggup berada di angka 5%
, inflasi juga masih terjaga dengan berada di level 3.18%. [wOw]

Soal Kondisi Ekonomi yang Dituduhkan

Previous article

Jokowi, Tak Melulu Bagi-bagi Sepeda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in News