News

Telkom Buka Blokir Netflix

0

Jokoway — Telkom akhirnya membuka blokir terhadap Netfix. Tayangan video streaming penyedia konten-konten ciamik itu kini bisa diakses melalui seluruh jaringan Telkom Group sejak Selasa (7/7) lalu.

Melalui pembukaan akses ini, para pelanggan IndiHome, Telkomsel, dan Wifi.id bisa menonton pilihan tayangan yang dihadirkan Netflix.

Menurut Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo, pembukaan akses Netflix ini tak terlepas dari langkah platform streaming tersebut agar sesuai dengan tuntutan pasar Indonesia.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan Telkom Group untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” ujar Arif melalui keterangan tertulis.

Melalui pendekatan anyar itu Netflix akan meluncurkan beragam fitur untuk membatasi tayangan yang tak layak ditonton oleh pengguna di bawah umur, salah satunya dengan meningkatkan fitur parental controls.

Selain itu, Netflix juga berkomitmen untuk mendengar keluhan, masukan, serta bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Di samping itu, Netflix juga disebut telah menyepakati komitmen kepatuhan pada Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN.

Dalam komitmen tersebut, Netflix menyetujui untuk tidak menayangkan konten terlarang yang mengandung pornografi anak, terorisme, dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), serta konten yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

Upaya dan komitmen Netflix inilah yang melatarbelakangi keputusan Telkom Group mencabut blokir yang sudah diterapkan sejak 2016 lalu.

Telkom juga mendukung Netflix untuk terus menghadirkan aneka tayangan bernuansa lokal. “Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tayangan produk konten lokal,” kata Arif.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga bekerja sama dengan Netfix. Melalui kolaborasi ini film-film dokumenter Netflix  turut disiarkan melalui siaran terestrial di TVRI.

Sebagai bagian dari program Belajar dari Rumah, film dokumenter Netflix ditayangkan untuk mendukung aktivitas belajar para siswa.

Program Belajar dari Rumah yang diluncurkan sejak 12 April 2020 lalu, merupakan alternatif belajar di tengah pandemi Covid-19. (NUR)

RUU Cipta Kerja: Melangsingkan Obesitas Regulasi Kita

Previous article

Biar Setrum Madrasah Tak Lagi Nebeng Tetangga

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in News