News

Telkomsel: Perlindungan Data Pelanggan Prioritas Utama

0

Jokoway — Data pribadi pegiat media sosial Denny Siregar ditebar akun @Opposite6891. Dalam unggahannya, akun anonim itu menampilkan data yang terdiri dari nama, alamat, NIK, KK, IMEI, OS, termasuk jenis perangkat yang dipakai Denny Siregar.

Merasa data pribadinya tak terlindungi, Denny mengancam akan menggugat provider anak usaha Telkom itu.

Menanggapi pegiat media sosial itu, Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyatakan, perlindungan data pelanggan menjadi prioritas paling utama bagi perusahaannya.

“Kami senantiasa memastikan keamanan data dan kenyamanan seluruh pelanggan dalam berkomunikasi,” kata Denny Abidin melalui keterangan tertulis, Senin (6/7).

Denny juga bilang, Telkomsel selaku badan usaha selalu patuh terhadap peraturan perundangan dan etika bisnis. Selain itu, Telkomsel juga selalu mengacu pada standar teknis dan keamanan yang telah ditentukan bagi kepentingan penyelenggaraan jasa telekomunikasi komersial yang ditetapkan oleh lembaga standarisasi internasional (ITU, GSMA) maupun FTP nasional.

Telkomsel yang telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan informasi, di mana proses sertifikasi ini dilakukan oleh lembaga internasional yang independen dan profesional.

Terkait kasus yang disangkakan Denny Siregar, Telkomsel menyatakan siap bekerjasama dengan pihak berwajib.

“Telkomsel siap membantu serta berkoordinasi dengan pihak berwajib atau aparat penegak hukum serta seluruh pihak terkait jika terjadi dugaan peretasan data pelanggan pada sistem kami dan akan memprosesnya sesuai hukum yang berlaku,” katanya.

Telkomsel, lanjut Denny, akan selalu berkomitmen serta berkewajiban dalam memastikan keamanan data pelanggan.

Sebelumnya Denny Siregar meminta penjelasan dari Telkomsel mengenai data pribadinya yang bocor dalam waktu 3X24 jam. Dia mengancam akan menggugat ke pengadilan jika tidak mendapatkan penjelasan.

“Saya butuh penjelasan @Telkomsel kenapa data saya bocor dalam waktu 3×24 jam. Kalau tidak ada penjelasan, saya akan gugat ke pengadilan,” ujarnya. (PUT)

Barata Indonesia Ekspor Komponen Pembangkit Listrik Rp 133 Miliar

Previous article

Percepatan Realisasi Belanja Pemerintah Dorong Pemulihan Ekonomi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in News